Bisnis Bus Pariwisata

Bisnis wisata dan traveling akan selalu berhubungan dengan transtportasi dan yang paling terkenal adalah keberadaan bus pariwisata. Banyaknya bus pariwisata dalam kondisi baru dan kinclong menjadi pertanyaan saya, apakah perusahaan bus itu mendapatkan keuntungan yang banyak dan dapat balik modal dengan cepat? mungkin bus yang baru dan eksekutif menjadi syarat memenangkan persaingan mendapat minat pengguna jasa pariwisata saat ini. membeli sebuah bus pariwisata sendiri merupakan suatu yang sulit kalau kita tidak mempunyai modal yang cukup besar, karena harga bus sekitar 500 juta hingga 1,5 Milyar rupiah. Berlatar belakang bisnis travel bahwa bus pariwisata pasti dibutuhkan kebanyakan orang karena sekarang ini banyak orang yang ingin melakukan perjalanan jauh secara rombongan, baik dari teman sekantor ,orang sekampung bahkan dari sekolah sekolah kalau ada acara wisata atau perpisahan yang menggunakan besar kemungkinan akan menyewa bus pariwisata. Saya saringkali bertanya kepada teman saya berapa harga satu bus, perkiraan bahwa sehari semalam seharaga 2000.0000 hingga 4.000.000 dan dipotong bensin 1.500.000 untuk perjalanan satu hari. Berarti paling tidak perusahaan bus pariwisata bisa meraup untung paling tidak 1 juta sehari untuk melayani tour. Katakanlah jika setiap bus minimal berjalan 20 hari setiap bulan maka pendapatannya bisa mencapai 20 juta , 220 juta pertahun dan balik modal selama kurang dari 5 tahun. Ini perhitungan minimal Saat ini, bisnis bus pariwisata dan jenis transportasi lainnya sedang “booming” atau ramai karena berbagai jenis wisatawan termasuk wisatawan mancanegara banyak melakukan berbagai perjalanan ke berbagai objek wisata di Indonesia. Apalagi pada waktu akhir minggu atau liburan panjang banyak sekali orang, khususnya dalam bentuk rombongan keluarga, instansi perusahaan , atau kumpulan organisasi yang ingin berwisata ke berbagai destinasi atau daerah tujuan wisata, dan mereka sangat membutuhkan fasilitas transportasi yang dapat mengangkut orang banyak yaitu bis pariwisata. Sekarang ini keberadaan bis pariwisata semakin berkembang dan ini dapat dibuktikan dengan banyaknya perusahaan otobus yang menyediakan layanan bus pariwisata dengan bentuk yang fasilitas yang berbeda-beda sehingga dapat menarik banyak pelanggan yang ingin berwisata. Keberadaan bus pariwisata di setiap perusahaan otobus, dapat menjalin kerjasama dengan berbagai biro perjalanan wisata untuk membuat tour package atau paket wisata yang akan ditawarkan kepada pelanggannya, sehingga pendapatan perusahaan menjadi bertambah, apalagi bila PO bekerjasama dengan biro perjalanan wisata yang cukup terkenal serta banyak pelanggannya dan memiliki hubungan partnership dalam jangka waktu yang cukup lama.

Advertisements

2 thoughts on “Bisnis Bus Pariwisata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s